Sleman Cantik Tanpa Kantong Plastik

Ditulis oleh Tas Kertas

28 Agustus 2019

tas kertas paper bag

tas kertas paper bag

Sleman Cantik Tanpa Kantong Plastik

 

Kabupaten Sleman saat ini mencanangkan program “Sleman Cantik Tanpa Kantong Plastik.” Hal ini didasari fenomena semakin hari semakin besar volume sampah plastik di Kabupaten Sleman. Saat ini saja 60% dari 8000 m3/hari sampah di Kabapaten Sleman terdiri dari sampah plastik. Itu artinya 4800 m3/hari sampah plastik dihasilkan. Jika tidak segera menjadi perhatian maka tidak mustahil di Kabupaten Sleman akan bermunculan gunung-gunung sampah yang akan menutupi keindahan Gunung Merapi.  Hal ini tentu tidak diinginkan masyarakat Kabupaten Sleman.

Untuk menangani permasalahan sampah plastik di Kabupaten Sleman, tidak hanya menanggani sampah yang sudah ada. Tetapi yang lebih penting adalah mengubah pola hidup masyarakatnya. Masyakarat harus diberi kesadaran akan bahayanya sampah plastik untuk lingkungan hidup, kemudian didorong untuk mengurangi pemakaian plastik dalam kehidupannya. Terutama pemakaian kantong plastik sekali pakai. Sebagai gantinya masyarakat diarahkan untuk mengganti kantong plastik dengan kantong yang ramah lingkungan, misal: Kantong kain, kantong dari kerajinan anyam-anyaman, atau kantong kertas / Paper Bag.

Saat ini di Kabupaten Sleman telah bermunculan sentra-sentra industri tas kertas atau paper bag. Seperti Produsen tas kertas Artstrawberry yang ada di wilayah Trihanggo, Sleman. Untuk mengganti pemakaian kantong plastik, maka industri tas kertas harus didorong agar produksinya meningkat. Hal ini untuk menutup permintaan kantong kertas masyarakat. Pada akhirnya program “Sleman Cantik Tanpa Kantong Plastik” akan berimbas pada sektor industri ekonomi masyarakat Sleman. Tentu sebuah hal yang positip untuk perekonomian masyarakat  Kabupaten Sleman.

Posted By Artstrawberry 28.08.2019